Pages

Terrible Two and Threenager?

Monday, April 9, 2018

Abhiyasa Alesso Pramono.

Cah lanangku tersayang dalam hitungan hari bakal berumur 2 tahun 7 bulan. Bukannya ngga sayang sama anak sulungku itu, tapi entah kenapa, gue jarang nulis tentang perkembangan Ales di blog. Tapi gue masih inget dengan pasti step-step perkembangannya dia. Kapan dia makan MPASI pertamanya dan apa yang dia makan. Kapan dia pertama kalinya bisa jalan dan di mana. Kapan-kapan gue tulis deh buat catetan pribadi.
Kalo ngomongin balita, pasti udah pada mahfum ada istilah terrible two dan threenager. Terrible two adalah fase yang dialami balita saat dia mulai memasuki usia 2 tahun. Ciri khasnya itu sering tantrum, mood swing, dan demen ngebantah. Sementara threenager adalah fase yang dialami balita saat dia mulai memasuki usia 3 tahun. Ciri khasnya itu ya si balita jadi kaya anak remaja belasan tahun, labil, keras kepala, ngga bisa dibilangin, sok tahu, dan kalo udah punya mau harus diturutin saat itu juga.

Ales di umur 2 tahun 7 bulan ini, seperti Britney Spears yang terjebak di dua fase. Kalo Britney bilang dia 'not a girl not yet a woman', Ales itu 'not a terrible two not yet a threenager'. Doski ada di antara dua fase itu, yang menyebabkan perilakunya itu ambooooooyyyy nikmat bener buat gue, papanya, cus, dan mbaknya. KOMBO DUO, MAK!

Hasil gambar untuk exhausted gif

Macem terrible two laennya, Ales demen ngebantah. Disuruh makan, kalo dia ngga mau, ya ngga akan mau buka mulut. GTM (gerakan tutup mulut), GMM (gerakan melepeh makanan), apalah itu semua keluar berombongan. Tantrum pun sering absurd, baik waktu ataupun penyebabnya. Misalnya dia lagi nonton youtube di hape, terus dia mau ganti video, ditanya mau ganti apa dia bilang terserah mama. Begitu gue milih dan gue ganti, eeeh, doski marah-marah karena ngga mau nonton video itu. Marahnya yang lebay nangis jejeritan kaya sakit hati karena pilihan gue ngga tepat menurut dia. Ya maap nak, situ pikir mama Deddy Corbuzier bisa baca pikiran situ??!

Kalau dari segi threenager-nya, Ales udah susyeeeeh bener dibilangin, plus kalo minta sesuatu, mesti ada saat itu juga. Kaya kemaren nih, dia lagi pengen makan nyam-nyam. Nah, kan nyam-nyam harus dibeli dulu yaa, jadi gue bilang Ales bobo siang dulu, nanti bangun tidur siang kita keluar beli nyam-nyam. Eeeh, nyolot dong doski! Bilang ngga mau tidur dan mau makan nyam-nyam sekarang juga. Maap lagi nih nak, ngana pikir rumah kita Alfamart? Apa-apa tinggal comot di lemari gitu??!

Hasil gambar untuk what do you mean gif

Ales juga sekarang picky banget soal baju. Bisa aja malem-malem dia milih pengen pake baju Batman yang ada sayapnya. Duileeh, tidur aja gaya beneeer. Tapi bisa juga di lain waktu saat kita mau ke mall, dia pengen pake piyama. Eh busyet, emang sih kayanya piyama lagi hits dijadiin baju jalan-jalan. Tapi kan ngana bukan artessss, nanti kalo mama di judge buibu di mall pegimanaaa, dikira anaknya ngga dibeliin baju jalan-jalan  #penting #cetek .

Masih banyak deh contoh yang bikin gue pening. Tapi yang penting, gimana caranya supaya tetep waras? Berikut ada beberapa tips dari gue. Semoga ngga ngawur dan menyesatkan.

Yang pertama: sabar dan tahan emosi. 

Mungkin saran ini basi, tapi bener deh, sebagai orang tua, kadang kita harus diingetin untuk selalu tetap sabar. Kadang pengeeen banget marah-marah, apalagi ngeliat tingkah laku bocah yang menurut kita ngga masuk akal. Tapi ngga masuk akal itu menurut kita orang dewasa kan? Menurut bocah belum tentyuuu. After all, orang dewasanya kan kita. Jadi yang harus sabar ya kita pastinyoo.

Yang kedua: tegas dan konsisten. 

Ini penting banget, karena walaupun kita harus sabar ngehadepin anak, kita juga punya kewajiban untuk mendidik dan mengarahkan mereka. Anak harus tau, kalo peraturan adalah peraturan. Gimanapun dia nantinya bakal jadi mahluk sosial yang mandiri, jangan sampe nanti dia kesulitan buat patuh sama peraturan di luar sana cuma karena kita selalu 'memfasilitasi' dia untuk melanggar peraturan.

Konsisten ini juga penting buat orang tua dan pengasuhnya. Misalnya, jangan sampe di satu waktu anak kita larang untuk kebanyakan nonton youtube. Tapi di lain waktu kita liarin dia nonton youtube karena emak babenya mau maen hape juga. Atau, mamanya ngelarang dia nonton youtube, tapi papanya ngebolehin. Anak jadi makin galau kan ikut yang mana? Big possibility, dia bakal ikutin yang lebih lenient ke dia. Gagal deh jadi tegas dan konsisten.

Hasil gambar untuk failed gif

Yang ketiga: kasih pengertian. 

Gue dari dulu ngga respek sama orang tua yang bisanya cuma ngelarang doang tanpa kasih alasan kenapa hal itu dilarang. Makanya, saat gue jadi orang tua, sebisa mungkin gue akan ngasih pengertian kenapa dia harus ngelakuin itu atau kenapa dia ngga boleh ngelakuin itu. Contohnya, Ales ngga mau sikat gigi sebelum tidur. Gue ngga akan maksa dia untuk sikat gigi tanpa alasan. Gue akan cerita kenapa sikat gigi itu penting, gue beliin buku cerita tentang sikat gigi dan sakit gigi, pokoknya ngelakuin pendekatan supaya dia sendiri ngerti, 'oh, oke, gue harus sikat gigi'.

Yang keempat: alihkan perhatian. 

Hal ini berlaku kalo anak udah sampe di tahap susyeh ditegesin atau dikasih pengertian. Ales nih yaaa, demen banget nonton youtube. Judge me sajalah, aku siyap, hahaha. Kalo gue ngga mau dia nonton youtube ya gue harus siap 'berkorban' mengalihkan perhatian dia. Jangan gue ngelarang dia main hape, tapi gue sendiri megang hape. Harus sigap buat cari aktivitas lain yang lebih menarik, kaya baca buku cerita, gambar-gambar, main Playdoh, atau berenang. Pokoknya yang bisa mengalihkan perhatian anak deh!

Yang kelima: tepati janji. 

Misalnya, kaya kasus Ales yang ngotot minta nyam-nyam dan gue suruh tidur siang dulu. Kalau akhirnya dia mau tidur siang, begitu dia bangun, gue harus tepatin janji buat jalan-jalan beli nyam-nyam. Kita orang dewasa aja ngga suka di-PHP apalagi anak kecil kan? Bisa kuciwa dia atau yang lebih parah ngerasa kalau omongan kita ngga bisa dipegang. Next time kejadian lagi, bisa makin susyeh dia nurutnya.

Yang keenam: biarkan anak memilih dan hargai pilihan anak. 

Pernah juga gue bawa Ales ke Toys Kingdom. Di sana ada mobil-mobilan yang menurut gue bagus banget dan gue pilihin itu buat Ales. Tapi Ales milih mobil yang lain, yang IMO, rada-rada norak dan lebih mureh dari pilihan gue. Apa gue maksain supaya dia milih pilihan gue? Oh, tentu tidaaaak kan pilihannya lebih hemat, gue harus hargain pilihan dia supaya dia terbiasa ngungkapin apa yang dia mau dan bisa mempertahankan maunya.

Yang ketujuh: biarkan anak mandiri. 

Sering kejadian nih, di mana Ales keliatan sotoy bener. Kaya dia maunya mandi semprot-semprot shower sendiri. Atau coba pup sambil duduk di kloset sendiri. Emang sih, kalo gue biarin potensial menimbulkan kapal pecah alias berantakan tak terhingga. Tapi apa salahnya sih ngebiarin anak untuk mencoba? Toh kita ngga akan selalu ada buat dia dan kemauan dia untuk belajar mandiri itu harus diapresiasi dan didukung. Pelan-pelan kasih dia tanggung jawab, at least untuk keperluannya sendiri. Cuma pastikan, kemandiriannya itu dalam pengawasan orang dewasa dan ngga berbahaya yaa.

Yang kedelapan: kalo kita udah ngga bisa nahan emosi...kabur aza. 

Hahaha. Saran paling desperado dan ngehe ya ini. Kalo semua cara udah dikerahkan tapi anak tetep ngeyel, dibanding harus tetep di situ dan berpotensi emosi, gue lebih memilih kabur aja. Tinggalin anak sendiri di kamar, pastiin dalam kondisi aman tentunya. Bisa juga minta cus atau mbak megang Ales sebentar. Gue biasanya ngungsi ke kamar sebelah, mainan hape, atau apa kek me time singkat yang bisa bikin gue kalem lagi. Biasanya 30 menit gue udah ngerasa baikan lagi kok dan siyap tempur menghadapi si bocah.

Hasil gambar untuk runaway gif

Udah delapan aja ya, udah cukup kan? Gue udah keliatan kaya ibu yang 'bener' belom nulis postingan parenting gini? Hahaha. Intinya, bener kata orang-orang: jadi orang tua itu ngga ada sekolahnya. Ngga akan ada orang yang tau persis rasanya jadi orang tua sebelom bener-bener jadi orang tua. Punya anak itu challenging banget setiap harinya. Kadang-kadang, kalo bocah lagi co cwit dan kalem, rasanya laaaaafffff banget sama anaknya. Tapi kalo lagi 'menantang'? Ya tetep sayang sih, cuman laff aja, hehehe. Biasanya kalo si bocah lagi susyeh, gue sama Abi suka ketawa aja. Ketawanya antara 'ohemji, tingkah anak gue lucu bener' sama 'ohemji, anak gue mesti diapain lagi sih?' #pasrah .

Gue dan Abi setiap hari belajar hal baru dalam hal parenting. FYI, kita sama sekali belom pernah ikut seminar parenting. Paling browsing aja atau konsultasi ke DSA atau psikolog yang mana kebanyakan adalah temen gue sendiri, haha. Tapi balik lagi, kita harus mau 'mempelajari' anak kita sendiri. Setiap anak itu unik, kita harus tau celah setiap anak buat bisa ngebimbing mereka sebaik mungkin. Jangan lupa, bukan hanya anak yang belajar dari orang tua, tapi orang tua juga belajar dari anak cara menjadi orang tua yang baik.

Yang ngga kalah penting, gue sangat berterima kasih sama Ales. Karena dia udah ada di antara gue dan Abi, ngebuat hidup kita jadi lebih baik dan berfaedah. Karena dia udah jadi alesan gue buat semangat beraktivitas setiap harinya. Juga karena dia udah jadi guru terbaik gue untuk menjadi orang tua. Apapun yang kita alami bersama Ales, baik buruknya, pasti akan jadi pelajaran berharga banget untuk ngehadapin bocah kedua.

Udah cukup menye-menye belom? Sekian dan terima bonus yang ngga turun-turun #sigh .


No comments:

Post a Comment

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS